Home / HEALTH / Aplikasi Ini Bisa Bantu Ibu Hamil Dapat Tempat Duduk di Kereta

Aplikasi Ini Bisa Bantu Ibu Hamil Dapat Tempat Duduk di Kereta

Jakarta, Ibu hamil tak dapat tempat duduk di angkutan umum ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Di negara maju seperti Inggris, persoalan yang sama juga kerap terjadi.

Kondisi ini kemudian menginspirasi diluncurkannya sebuah aplikasi yang dapat membantu ibu hamil agar bisa mendapatkan tempat duduk di angkutan umum. Namanya Babee on Board.

Ketika diaktifkan, aplikasi ini akan mengirimkan sebuah pesan untuk memberitahukan bahwa ada seseorang yang membutuhkan tempat duduk di transportasi umum.

“Untuk bisa tahu ada orang yang butuh tempat duduk atau tidak, kita harus mengamati sekitar. Tetapi dewasa ini orang lebih sibuk dengan ponselnya ketimbang sekitarnya,” ujar Hew Leith dari biro konsultasi inovasi, 10X yang berada di balik aplikasi ini.

Leith menambahkan, aplikasi ini akan sangat bermanfaat jika digunakan oleh para wanita yang sedang hamil muda. “Pada saat inilah mereka merasa paling tak enak badan dan paling membutuhkan tempat duduk,” lanjutnya.

Di sisi lain, orang awam tak dapat melihat hal ini karena perutnya belum begitu besar. Sejauh ini, di London telah disediakan badge khusus untuk ibu-ibu hamil agar mendapatkan prioritas di angkutan umum seperti kereta bawah tanah.

“Tapi Anda kemungkinan besar tak bisa melihat badge itu karena kereta begitu penuh,” ungkap Leith.

Keberadaan aplikasi ini pun mendapat sambutan baik. Namun pengembangnya mengaku sengaja tidak menyebarkan aplikasi ini secara cuma-cuma agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang iseng.

“Kami ingin memberikan secara gratis, tetapi kami harus memastikan tidak ada orang yang sengaja mengunduhnya untuk mengerjai orang lain,” kata Leith seperti dilaporkan BBC.

Pengembang mematok harga sebesar 3.99 poundsterling atau setara dengan Rp 66.000. Toh seluruh keuntungan dari penjualan aplikasi ini akan disumbangkan untuk amal. Hanya saja aplikasi ini baru tersedia untuk perangkat bikinan Apple.

Perlu dipahami bahwa ibu hamil memang sebaiknya diprioritaskan memperoleh tempat duduk di angkutan umum karena mereka tidak diperkenankan berdiri terlalu lama.

Seperti halnya dikatakan dr Hari Nugroho, SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya. “Ibu hamil itu nggak boleh berdiri terlalu lama karena akan meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur akibat tekanan pada mulut rahim yang disebabkan oleh gravitasi saat dia berdiri,” terangnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Selain itu, alasan lain mengapa ibu hamil harus mendapat bangku prioritas karena beban kerja jantung wanita hamil lebih tinggi. Pasalnya, ia harus memompa cairan ke seluruh tubuh lebih banyak. Pada posisi berdiri akan lebih banyak darah yang turun ke bagian bawah tubuh sehingga aliran darah juga tidak terlalu optimal untuk janin di rahim.

Sumber : detikcom

Baca Juga

Ingin Hidup Sehat Harus Ikuti Pola Hidup Rasulullah

Pada masa lalu, Indonesia menghadapi masalah kesehatan warganya berupa malnutrisi kekurangan gizi. Namun sekarang, masalahnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *